Aliran-Aliran Filsafat Barat Modern: Rasionalisme, Empirisme, Kritisisme, dan Positivisme
assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh bertemu lagi dengan saya Muhammad Arif dosen akidah dan filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di artikel kali ini saya akan membahas tentang pengantar filsafat barat dalam hal ini saya akan membahas secara sekilas aliran-aliran besar dalam tradisi filsafat barat modern Hai ada setidaknya empat aliran besar yang mewarnai filsafat barat modern yang pertama rasionalisme yang kedua empirisme yang ketiga kritisisme dan yang keempat adalah positifisme empat aliran ini akan kita bahas secara lebih spesifik dalam slide-slide yang berikutnya Sebenarnya masih ada banyak lagi beberapa aliran seperti eksistensialisme materialisme idealisme Jerman dan
semacamnya tetapi saya ambil setidaknya empat besar inilah yang menjadi aliran yang cukup besar dalam tradisi filsafat barat modern yang pertama rasionalisme hai bagi aliran filsafat rasionalisme mereka berpendapat bahwa pengetahuan itu diperoleh hanya melalui rasio hanya dari rasio atau kesadaran kita bukan berasal dari kenyataan material diluar dirinya Jadi bagi kalangan rasionalis ini yang namanya pengetahuan itu asalnya itu adalah rasio bukan benda-benda material yang kita lihat jadi kenyataan kenyataan material itu tidak memberikan sumbangan kepada pengetahuan yang memberikan atau yang memegang kendali terhadap pengetahuan manusia itu adalah rasio Mengapa mereka kemudian memiliki pemahaman seperti ini kyanya para filsuf rasionalis itu memiliki pandangan bahwa sumber pengetahuan itu adalah pikiran kita karena mereka memiliki jargon seperti ini kok gitu Ergo Sum aku berpikir maka aku ada yang dipopulerkan oleh Bapak filsafat modern yaitu Rene dekat dia beranggapan bahwa
kesadaran kita ya kesadaran kita itu melukiskan kenyataan diluar kesadaran itu sendiri Hai jadi dengan cara dengan cara kita menyadari kesadaran kita kita sendiri maka kita akan mengenali kenyataan di luar diri kita objek-objek yang lain itu diluar diri kita itu terkenal di lewat dengan cara kita berpikir tentang diri kita artinya apa bagi mereka The Subject atau kesadaran itu dipandang sebagai fondasi pengetahuan Jadi bagi kalangan rasionalis itu sumber pengetahuan itu adalah akal budi adapun adapun tokoh-tokoh rasionalisme itu setidaknya empat orang ini yang pertama sebagai Bapak filsafat modern yaitu Rene dekat terus spinoza leibniz dan Blaise Pascal empat tokoh inilah empat tokoh besar aliran rasionalisme filsafat modern aliran yang berikutnya aliran yang kedua yaitu empirisme berbeda dengan rasionalisme yang mengandaikan bahwa pengetahuan
Aliran-Aliran Filsafat Barat Modern: Rasionalisme, Empirisme, Kritisisme, dan Positivisme
itu sumbernya adalah akal-akal budi atau rasio dalam empirisme sebaliknya mereka cek itu bagi empirisme pengetahuan yang shahih atau pengetahuan itu sumbernya itu bukan akal budi bukan kesadaran tadi itu tetapi pengalaman kalau yang tadi itu apriori tidak berdasarkan pengalaman kalau yang empirisme ini a posteriori Berdasarkan pengalaman Salah satu tokoh empirisme John Locke mengatakan bahwa ide-ide bawaan yang dipercaya oleh kalangan rasionalis itu adalah anggapan yang tidak terbukti dalam kenyataan kalangan rasionalis itu percaya bahwa didalam otak manusia didalam otak manusia itu ada yang namanya ide-ide bawaan yang sudah sejak lahir itu ada didalam pikiran manusia bagi jonlok ini tidak bukti dak terbukti pengalaman-pengalaman lah yang membuat kemudian di dalam di kepala kita itu ada yang namanya akal jadi eh orang lahir itu menurut John Locke itu lahir dalam keadaan kosong atau
tabularasa seperti kertas kosong oleh kira-kira Nah baru setelah mereka anak-anak kecil atau kita semua manusia ini lahir di dunia berinteraksi di dunia mempengaruhi pengalaman pengalaman indrawi akan sesuatu diluar kita barulah disitu kemudian muncul dalam pemikiran kita itu pengetahuan-pengetahuan atau kesan-kesan artinya Apa sumber pengetahuan bukanlah akal budi bawaan sebagaimana dibayangkan oleh kalangan rasionalis tadi tetapi sumber pengetahuan itu adalah kesan-kesan yang dialami oleh panca indera kita akan data-data empiris tadi jadi inilah kalangan empiris mereka menggugat rasionalis ada beberapa tokoh ada beberapa tokoh-tokoh empiris empirisme yang pertama ada Thomas hub ada John Locke ada zat berklee dan ada Devi Um rata-rata
mereka semua ini adalah filsuf Inggris Hai cowok yang berikutnya aliran yang ketiga adalah kritisisme kritisisme ini adalah sintesis antara empirisme yang tadi melebih mengutamakan pengetahuan manusia itu berdasarkan data-data indrawi dan rasionalisme yang mengatakan bahwa sumber pengetahuan itu adalah akal budi aliran ini dipopulerkan oleh filsuf Jerman yaitu Iman welcome to Hai Menurut Immanuel kant berfikir itu adalah membuat keputusan dalam putusan itu terjadi sintesis antara data-data indrawi dan unsur-unsur apriori akal-budi jadi tidak seperti tadi yang kalangan empiris yang mengatakan sumber pengetahuan itu hanya data indrawi atau kalangan rasionalis yang mengatakan bahwa unsur-unsur apriori akal-budi itulah sumber ilmu pengetahuan bagi menurut kalau Menurut Immanuel kant dua-duanya itu penting sama-sama penting jadi Menurut Immanuel kant dua-duanya ini penting akan lebih jelas kalau kita Mengikuti alur
Bagaimana putusan itu terbentuk dalam proses berpikir ya proses putusan tadi aktivitas pertama yang dilakukan oleh manusia itu adalah lengkap data-data empiris dan penangkapan data-data empiris ini dilakukan oleh pancaindra berikutnya data-data indrawi yang sudah kita tangkap itu itu kemudian masuk kedalam otak kita bertemu dengan kategori-kategori apriori yang ada di dalam akal budi kita disitu kan kemudian menjelaskan ada 12 kategori apriori dalam akal budi manusia kalau ada setelah 10 Immanuel kant menambahkan dua lagi sehingga berjumlah 12 kategori di dalam atau data-data indrawi Adi dalam akal
Budinya itu ada 12 kategori dan dalam mengambil keputusan itu ada sintesis antara data-data indrawi dan kategori-kategori akal-budi jadi data-data indrawi yang sudah kita ambil itu kemudian itu cocokkan dengan 12 kategori yang dalam ada di dalam akal budi kita Apakah dia berwarna jumlah berkait dengan jumlah atau kuantitas Collectors eh kuantitas kualitas atau semacamnya itulah Rescue kategori katente indrawi itu kemudian dikategorisasikan menjadi diputuskan kemudian ini berjumlah lima komputer ini berjumlah lima misalkan komputer ini menjadi bagus dan semacamnya Jadi kalau hanya data-data empiris ini bukan pengeluh bukan pengetahuan Tetapi kalau sudah ada kolaborasi antara data-data empiris dengan kategori-kategori akal budi itu barulah yang namanya pengetahuan ini kalau dicontohkan Bagaimana ini terjadi ini bisa dilihat dari diibaratkan sebagai kacamata laptop yang berwarna hitam Pauli kita lihat dengan kacamata kuning maka dia akan terlihat kuning laptop ini berwarna kuning ia
laptop data-data indrawi tertangkap dalam pikiran kita dalam aktivitas pemikiran kita kategori-kategori itu ibaratnya kacamata-kacamata ini kalau kemudian menetapkan sebagai kuning maka dia akan berwarna kuning jadi ada kolaborasi antara data-data empiris yang terserap oleh indera kita dengan akal budi kita inilah proses berpikir proses pengetahuan yang Menurut Immanuel kant dan ini mendamaikan antara rasionalisme dan empirisme yang di kemudian hari dikenal sebagai kritisisme Paimin aliran filsafat modern yang berikutnya adalah positifisme dalam pandangan positifisme i Hai mereka mengatakan bahwa yang ilmiah hanyalah sesuatu yang faktual saja yang berdasarkan kepada kenyataan saja ini meradikalkan atau menjadikan lebih definitif lagi pandangan Immanuel kant dan filsuf-filsuf empiris tentang bahwa pengetahuan itu hanya mungkin
dengan menggunakan data-data yang faktual data-data indrawi salah satu tokohnya atau tokoh utamanya yaitu August Comte De Hai secara lebih spesifik Agus come itu memperkenalkan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan ia mengatakan bahwa pada mulanya manusia itu melalui tahap pengetahuan secara teologis manusia mencari sebab terakhir di belakang peristiwa alam yang ditemukannya lalu dia menemukan bahwa peristiwa alam itu terjadi karena Tuhan atau sebab terakhirnya sebab dari perubahan alam itu peristiwa alam itu adalah Tuhan atau dewa-dewa pendekatan seperti ini menurut Agus committed to adalah pendekatan teologis model pengetahuan teologis dan ini menurut bagus com karena dia mengembangkan tiga tahap ini sebagai tahap-tahap pertumbuhan maka teologis ini adalah tahap anak-anak katanya guscom berikutnya yaitu metafisis kalau teologis mencari sebab terakhir dan sebab terakhirnya itu bermuara kepada Tuhan dan dewa-dewa kalau dalam tradisi pengetahuan
metafisis sebab terakhir itu ditemukan di dalam abstraksi abstraksi metafisis ada yang disebut causa Prima header dan seterusnya dan ini dalam proses ini akan terjadi proses rasional ada proses rasional dalam hal ini dan ini perkembangan manusia menurut Agus Khomeini adalah tahap remaja kalau tadi tahap anak-anak metafisis kalau teologis anak-anak metafisis itu tahap remaja terakhir menurut Auguste Comte itu kemudian masuk di era yang namanya pengetahuan yang bersifat positif Hai di sini sebab peristiwa itu peristiwa ada alam gitu itu tidak lagi didasarkan kepada abstraksi abstraksi metafisis atau peristiwa up atau dalam Tuhan dan dewa-dewa tetapi berdasarkan data-data indrawi atau fakta dan ini diperoleh lewat observasi jadi sini kemudian ini adalah Tahap terakhir dari perkembangan manusia yang disebut sebagai tahap dewasa Jadi kalau manusia ingin dianggap sebagai manusia dewasa itu harus berpengetahuan yang positif
menurut Agus com kalau teologis itu masih anak-anak metafisis itu remaja kalau positif itu adalah pengetahuan puncak dari manusia itu mestinya adalah positif pengetahuan yang didapat dari proses observasi D sinilah kemudian dan ini mungkin membayangi pengetahuan kita sampai sekarang untuk menyatakan bahwa yang ilmiah itu adalah dayang fakta-fakta indrawi ini positifisme dan disini kemudian muncul anggapan yang menjadi ciri khas modern yaitu objectivity subjektivisme jadi pengetahuan itu dianggap sebagai pengetahuan yang objektif demikian penjelasan saya tentang aliran-aliran besar di dalam filsafat barat modern kurang lebihnya mohon maaf apabila ada pertanyaan disilahkan Apabila ada kekurangan bisa ditambal demikian dari saya terima kasih assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
إرسال تعليق